Minggu, 02 Juli 2023

5 Syarat Buat SIM C, Salah Satunya Tidak Buta Warna


Jangan asal bikin, kamu wajib tahu apa saja syarat buat SIM agar pengajuan pembuatan SIM tidak ditolak karena kurangnya persyaratan. Jika kamu akan menginjak usia 17 tahun dan memang sudah bisa berkendara, maka membuat SIM wajib untuk dilakukan. 


Bukan sekedar membuat kamu aman dari tilangan atau pengecekan polisi lalu lintas, namun adanya SIM juga menjadi indikasi bahwa kamu memang sudah layak untuk mengemudi di jalanan dan dianggap paham mengenai aturan lalu lintas.  


Sederet Persyaratan Membuat SIM C

Syarat-syarat berikut adalah untuk kamu yang akan membuat SIM C untuk pertama kali, bukan memperpanjang atau SIM C sebelumnya sudah mati dan hendak membuat lagi. 


1. Syarat Usia

Khusus SIM C, syarat minimal bagi pemohon atau orang yang mengajukan adalah 17 tahun. Guna membuktikan usia, maka kamu harus sudah memiliki kartu identitas diri yang sah. Jadi buat dulu KTP sebelum mengajukan pembuatan SIM C. 


Namun untuk kamu yang hendak membuat SIM C1, maka syarat usia minimal lebih dewasa 1 tahun, yaitu 18 tahun. Kemudian untuk SIM C2 adalah 19 tahun.


2. Ujian Teori

Bukan hanya ujian praktek dalam berkendara yang perlu kamu siapkan, namun kamu juga perlu menambah pengetahuan seputar aturan berkendara dan beragam arti rambu lalu lintas di jalan. Sebab nantinya, kamu akan diberikan ujian teori dulu sebelum melakukan ujian praktek berkendara. 


Jika kamu sudah mahir dalam berkendara misal, namun ujian teori kamu nilainya rendah, maka kamu tidak akan lolos alias gagal mendapat SIM C.


3. Ujian Praktik

Ujian teori tadi nilainya akan langsung keluar saat itu juga. Lulus atau pun tidak, biasanya kamu akan tetap mengikuti tahapan selanjutnya yaitu ujian praktek berkendara. 


Ujian ini tidak dilakukan di jalan raya, namun biasanya di halaman kantor SAMSAT. Kamu harus berkendara dengan sejumlah halang rintang untuk menguji keterampilan berkendara.


4. Tidak Buta Warna

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa salah satu syarat buat SIM adalah tidak buta warna. Mengapa? Sebab di jalan raya akan ada berbagai rambu dengan warna yang berbeda-beda, termasuk traffic light yang memiliki 3 warna. 


Inilah mengapa pada proses pembuatan SIM kamu juga akan mendapat tes buta warna. Buta warna sendiri adalah suatu kondisi ketika mata tidak dapat melihat warna secara normal, misalnya warna merah tampak seperti abu-abu. 


Sebagian penderita ada yang sulit membedakan warna (disebut juga buta warna parsial), dan sebagian yang lain ada yang sama sekali tidak dapat mendeteksi warna atau disebut buta warna total.


5. Isi Formulir

Kamu bisa mendapat formulir dengan datang langsung ke kantor SAMSAT, lalu isi data yang dibutuhkan secara lengkap, seperti nama, tinggi badan, alamat, NIK, nomor hp, dan sebagainya. Bersamaan dengan ini, kamu juga perlu melampirkan fotokopi KTP dan pas foto ukuran 3x4 (2 lembar).


Selain 5 syarat utama di atas, jangan lupa untuk membawa uang karena akan ada biaya admin yang nantinya perlu dibayar. Jika datang langsung ke SAMSAT, maka pembayaran bisa secara cash di loket.



EmoticonEmoticon