Jumat, 27 Mei 2022

Resep Peyek Kacang Tanah Renyah Tahan Lama Cocok Dijadikan Ide Jualan



Peyek kacang merupakan salah satu kuliner khas Nusantara yang biasanya dijadikan lauk pendamping. Peyek kacang memang kerap menjadi lauk pendamping saat menyantap pecel atau nasi padang. 

Bentuknya yang tipis dengan teksturnya renyah dan rasanya gurih pada kudapan ini juga sangat pas dijadikan sebagai camilan. Selain kacang tanah, olahan peyek juga bisa menggunakan topping berupa kacang ijo, kacang kedelai, udang, rebon, atau teri. 

Jika selama ini kamu menikmati peyek kacang dari hasil membeli di warung, toko, ataupun warung makan. Tidak ada salahnya sesekali kamu coba membuatnya sendiri di rumah. Nanti, setelah kamu berhasil membuat peyek kacang sendiri di rumah, kamu tinggal menyimpannya dan mengonsumsinya lagi saat akan menggunakannya sebagai lauk pendamping atau hanya sekedar camilan. Atau bahkan jika peyek kacang yang kamu buat enak, gurih, dan renyah sehingga layak untuk dijual, kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk memulai usaha baru. Apalagi kudapan ini tergolong tahan lama. Jadi meski nanti tidak langsung terjual habis, peyek kacang bisa kamu simpan dulu untuk dijual kembali diesok harinya. 

Jika benar – benar tertarik memulai usaha ini, kamu perlu tahu dulu resep peyek kacang untuk jualan. Berikut resep peyek kacang tanah renyah tahan lama cocok dijadikan ide jualan.  

1. Bahan – Bahan Dan Bumbu 

· Tepung beras 100 gram
· Tepung maizena 100 gram
· Kacang tanah 250 gram
· Daun jeruk 15 lembar
· Garam 1 ½ sdt
· Kemiri 3 butir
· Bawang putih 2 siung (ukuran besar)
· Ketumbar butir 1 sdt
· Telur 1 butir
· Santan 250 ml
· Minyak goreng secukupnya 

2. Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah Tahan Lama

· Potong – potong kasar dulu kacang tanah agar nanti bisa matang lebih cepat dan menyebar saat menggoreng, kemudian sisihkan. 
· Iris – iris daun jeruk sampai halus, kemudian sisihkan. 
· Ulek bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam hingga halus, kemudian sisihkan. 
· Selanjutnya siapkan mangkuk besar, kemudian campurkan telur dengan bumbu halus lalu aduk merata. 
· Kemudian tambahkan tepung maizena dan tepung beras kedalam adonan. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk – aduk. Tambahkan daun jeruk kemudian aduk kembali sampai adonannya bertekstur kental. 
· Setelah itu masukkan potongan kacang tanah kedalam adonan, kemudian diaduk sebentar. 
· Panaskan minyak goreng di wajan diatas api sedang. 
· Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian goreng dengan menuangkannya di bagian tepi wajan. Lakukan sampai seluruh wajan dipenuhi adonan. 
· Siram – siramkan minyak goreng panas ke adonan menggunakan spatula hingga adonan turun dan meluncur. 
· Goreng sampai matang, tanda peyek kacang sudah matang adalah warnanya kuning keemasan dan suara desis menghilang. 
· Setelah matang, angkat lalu tiriskan diatas tisu sampai benar – benar kering dari minyak. Lakukan proses penggorengan sampai adonannya habis. 
· Peyek kacang tanah renyah tahan lama pun sudah siap dijual. 

Sekedar tips, setelah peyek kacang benar – benar kering, segera masukkan ke tempat yang kedap udara agar tetap renyah dan tidak melempem. Kamu bisa memasukannya kedalam toples. Dan saat mengangkat peyek kacang harus hati – hati karena mudah pecah. Topping kacang tanahnya juga bisa kamu ganti dengan bahan lain seperti kacang ijo, kacang kedelai, teri, rebon, atau bahkan udang. 



EmoticonEmoticon