Senin, 10 Mei 2021

Ketahui Berbagai Jenis Valve Pipa Beserta Fungsinya



Valve pipa merupakan suatu piranti yang berguna untuk mengatur, mengarahkan, dan mengontrol aliran gas atau cairan padatan terfluidisasi. Cara pemakaiannya dengan membuka dan menutup sebagian dari jalan aliran. Untuk info lebih lengkap mengenai valve dapat mengunjungi link alvindocs.com/products/valve. 


Dalam kehidupan sehari-hari, valve atau katup ini biasa digunakan. Misalnya saja katup kontrol gas pada kompor, keran untuk air, katup kecil pada kamar mandi, dan masih banyak lagi. 


Jenis dan Fungsi Valve Pipa

Berikut ini jenis valve dan fungsinya yang perlu anda pahami.


Gate Valve

Ini adalah jenis katup yang berguna membuka aliran dengan mengangkat gerbang penutupnya. Kemudian gate valve pipa biasanya mempunyai bentuk bulat atau persegi panjang. 


Globe Valve

Jenis ini banyak digunakan untuk mengatur laju aliran fluida dalam pipa. Cara kerjanya dengan posisi tegak lurus disknya dari tempat dudukan. Ruang yang terbentuk dari adanya cincin antar disk dengan kursi sedekat ketika valve pipa ditutup. 


Globe valve mempunyai tiga macam desain, yaitu Z body, Y body, dan angle body. Tipe Y menjadi alternatif untuk jenis high pressure drop. Sementara Z body mempunyai diafragma dengan bentuk Z dan lebih banyak yang memakainya. Karena mempunyai bentuk yang simetris, sehingga lebih mudah ketika melakukan perbaikan dan pembuatan.


Untuk jenis angle body adalah perpaduan antara Z dan Y body. Lebih cocok menggunakan jenis valve pipa ini untuk mentransfer aliran dari arah horizontal maupun vertikal. 


Check Valve

Biasanya untuk aliran fluida yang hanya mengalir satu arah dapat memakai check valve. Hal tersebut supaya tidak terjadi reversed flow. Untuk itu, perlu menggunakannya sebagai pengaman sistem perpipaan. Jenis valve ini ada beberapa macam, antara lain Swing Check Valve, Lift Check Valve, Backwater Check Valve, Swing Type Disk Check Valve, Disk Check Valve, dan Split Disc Check Valve.


Neddle Valve

Pengaplikasian needle valve pipa untuk meter line service, instrument, dan gage. Lebih utamanya untuk proses throttling karena bisa menggunakannya dalam kondisi temperatur dan tekanan tinggi.


Ball Valve

Jenis ball vave untuk fluida dengan temperatur -450 hingga -500 derajat Fahrenhait. Jenis ini tergolong tipe quick opening vale. Sehinga saat menggunakannya hanya memerlukan seperempat putaran saja dari posisi tertutup penuh atau terbuka.


Diaphragm Valve

Jenis valve ini mempunyai kelebihan tersendiri, yakni dapat menghasilkan aliran yang lebih tenang. Kemudian fluida yang mengalir lebih lancar tanpa ada hambatan. Pada umumnya banyak dipakai untuk fluida dengan karakteristik viscous material, sludges, korosif dan solids suspension.


Butterfly Valve

Butterfly valver adalah katup yang digunakan untuk mengisolasi dan mengatur sebuah aliran. Penutupannya membentuk disk dengan sistem operasi yang mirip dengan ball valve, yaitu dapat menutup dengan cepat. Apabila dari segi harga, valve pipa jenis ini lebih murah dan biaya pemeliharannya rendah.


Distributor Valve

Valve merupakan piranti pada sistem perpipaan yang umum digunakan. Adanya piranti ini akan memudahkan saat mengontrol, mengatur dan  mengarahkan laju aliran fluida berupa gas, cair, padat atau kombinasinya. Caranya cukup dengan menutup dan membuka secara penuh atau sebagian.


Distributor valve terbaik memberikan kualitas bermutu tinggi. Peran valve untuk mengalirkan dalam kolom destilasi dan mengontrol pengapian pada furnace pada sebuah industri. Dengan demikian, anda harus mencari distributor supplier dan agen terpercaya valve. Pilihlah perusahaan dengan staf ahli yang profesional sehingga akan memberikan pelayanan prima. 


Beberapa jenis valve perlu anda ketahui karena memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kemudian pilihlah valve pipa sesuai dengan kebutuhan.


EmoticonEmoticon